Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Menyelenggarakan Festival Sastra 2012


10/04/2012 | Kegiatan

Festival Sastra Indonesia, Balai Bahasa Jawa Tengah

Solo—Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menyelenggarakan festival sastra tingkat SLTA se-eks Karesidenan Surakarta dengan tema “Dengan Sastra Aku Menggugat” di Pendopo Taman Budaya Jawa Tengah pada tanggal 4 Oktober 2012. Festival dibuka oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Drs. Pardi, M.Hum. Dalam sambutannya, Pardi mengatakan bahwa Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, sebagai sebuah lembaga yang turut menaruh minat dan perhatian terhadap sastra, berupaya  memberikan wadah apresiasi, kreasi, dan ekspresi sastra di kalangan pelajar.

Festival yang berlangsung sehari ini bertujuan agar siswa dapat mengenal, memahami, dan menghayati berbagai karya sastra dan perkembangannya, siswa bersikap positif, peka, dan apresiatif terhadap karya sastra Indonesia, siswa dapat meningkatkan bakat dan kemampuannya dalam mengapresiasi dan mengekspresikan karya sastra, serta siswa dapat mengembangkan kemampuan sastranya dalam mengasah kepekaan terhadap situasi bangsa.

Peserta festival sastra terdiri atas 14 kelompok penampil yang berasal dari 7 kabupaten/kota di eks-Karesidenan Surakarta, yaitu Kota Solo, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Sragen, Kabupaten Klaten, dan Kabupaten Boyolali. Setiap kelompok menampilkan satu tampilan sastra berupa musikalisasi puisi, pembacaan puisi, dramatisasi puisi, dramatisasi cerpen, atau drama yang berdurasi  20 menit. (nv/tri)

 

Untuk melihat kumpulan foto kegiatan, klik tautan berikut ini:

http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/foto/1278